Sunday, January 17, 2010

Membuat Ucapan Happy Birthday

Ini adalah postingan saya di Tahun 2010 .. dan Hari ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Istri Saya tercinta.. Saya akan buat tutorial Happy Birthday yang Unik..

Image yang diperlukan :

rumput kayu Coccinella

Klik untuk memperbesar lalu save…

Buat dokumen baru

happy birthday 1

Sekarang gunakan Pen Tool untuk membuat bentuk seperti ini.. nanti format nya PATH ya.. gunanya untuk REL huruf.

happy birthday 2

Klik Type tool untuk membuat Huruf. Klik ditengah Path tadi.. tulis ” Happy”

warna gak jadi soal .. nanti akan diseting belakangan..

happy birthday 3

Gunakan cara yang sama .. buat bentuk seperti ini

happy birthday 4

Gunakan Type tool lagi untuk membuat kata birthday.

happy birthday 5

Klik kanan layer happy > rasterize layer.. klik kanan juga layer birthday > rasterize layer

happy birthday 6

gabungkan keduanya dengan menekan CTRL + E. kursor harus berada di paling atas ( layer birthday)

happy birthday 7

Klik kanan layer hasil penggabungan tadi > Blending Options, atau klik 2x. ikuti setting nya seperti dibawah

happy birthday 8

duplikat layer Happy dengan menekan tombol CTRL +J.. Klik kanan di layer hasl duplikat > Clear layer style untuk menghilangkan efek blending

happy birthday 9

buat layer baru dibawah layer Happy

happy birthday 10

gabungkan layer Happy dengan layer dibawahnya dengan menekan CTRL + E

happy birthday 11

Buka file gambar kayu.. lalu drag ke dalam dokumen yang baru saja dibuat.

happy birthday 12

Simpan diantara layer huruf dan layer 1

happy birthday 13

tekan CTRL + Klik di layer 1 untuk menyeleksi.. Klik Select > Inverse . Klik layer kayu lalu tekan DELETE

happy birthday 14

Pilih layer 1 .. Klik kanan > Blending Options .. setting color overlay nya

happy birthday 15

jangan dulu OK.. sekarang kita setting stroke

happy birthday 16

Sekarang kita setting Kayunya supaya keliatan 3D

Klik kanan layer kayu > Blending Options , Kita akan setting Drop shadow, Bevel & Emboss, dan Stroke berturut-turut seperti ini

Drop Shadow

happy birthday 17

Bevel & Emboss

happy birthday 18

Stroke

happy birthday 19

Beres kan Kayu nya..

Sekarang kita ubah hurufnya menjadi beraroma Rerumputan

buka file rumput, Drag ke dokumen tadi, atur sehingga menutupi kata-kata happy birthday.

happy birthday 20

CTRL + KLIK di layer huruf, klik Select > inverse , Klik layer rumput, lalu tekan DELETE.

happy birthday 21

Ayo kita kasih efek hurufnya dengan blending Option

Klik kanan di layer rumput yang udah jadi huruf tadi > Blending Options atau klik 2x … Ikutin setting nya seperti dibawah

DRop shadow

happy birthday 22

Bevel & Emboss

happy birthday 23

Supaya keliatan Lucu (kayak Jojon) kita kasih warna merah.. tapi pake gambar serangga.. supaya gambarnya lebih hidup.

buka gambar serangga lalu drag ke dalam dokumen

happy birthday 24

Atur gambar serangga nya sedemikian rupa, Kecilin, putar, injek, banting , dan perbanyak dengan menekan CTRL + J. sehingga hasilnya seperti ini

happy birthday 25

Selamat Mencuba…

Tutorial Membuat Animasi Dengan Photoshop

Photoshop merupakan salah satu program computer yang cukup handal dalam membuat disain gambar dan foto. Banyak efek-efek fantastis yang dapat dihasilkan dengan memanipulasi satu gambar dan dipadukan dengan gambar lain. Tapi tidak hanya sebatas utak-atik gambar statis, Photoshop juga mampu membuat gambar bergerak (animasi) berformat GIF dengan menampilkan beberapa gambar secara berurutan dengan jeda waktu tertentu. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat gambar bergerak (animasi GIF) dengan Photoshop:

1. Jalankan program Photoshop kemudian buka file baru.

Animasi Photoshop01

2. Klik pada Custom Shape Tool (1) atau ketikkan huruf U saja.

3. Pilih Shape yin-yang sebagai contoh (2), untuk selanjutnya dapat dikembangkan ke bentuk lain atau bentuk yang dibuat sendiri.

Animasi Photoshop02

4. Drag pada lembar kerja sehingga membentuk shape yin-yang.

Animasi Photoshop03

5. Beri style (3) pada shape dan warnanya (4).

Animasi Photoshop04

6. Klik Path Selection Tool (5) kemudian klik kanan pada gambar (6) dan pilih Make Selection. Pada window Make Selection, Feather Radius-nya nol (7).

Animasi Photoshop05

7. Klik kanan pada Shape 1 (8) kemudian pilih Duplicate Layer.

8. Perhatikan: selalu pilih layer yang akan diubah, misalnya dimulai dari Layer Shape 1 (9), kemudian dengan Move Tool rotasikan shape tersebut berlawanan arah jam 900 (10). Derajat rotasi bisa ditentukan sendiri sesuai selera karena semakin kecil sudut rotasinya semakin halus gerakan animasinya. Hasilnya adalah gambar yang menumpuk. Jangan lupa untuk meresterize shape dengan dobel klik pada gambar agar kita bisa melakukan langkah selanjutnya.

Animasi Photoshop06

10. Ulangi langkah 7-9 sehingga rotasi layer terakhir membentuk gambar seperti Layer pertama (Shape 1).

11. Sekarang saatnya menggabungkan beberapa layer yang telah dibuat agar menghasilkan gerakan. Klik menu Window >> Animation. Klik pada garis-garis di pojok kanan atas (11) untuk menampilkan menu kemudian pilih Make Frames from Layers.

Animasi Photoshop07

12. Hapus layer berwarna putih jika menghendaki tidak ada background dengan memilihnya (12) kemudian klik icon delete (13).

13. Atur waktu lamanya layer akan diam dengan mengklik segitiga (14) yang letaknya di kanan bawah di tiap-tiap layer, misalkan 0.1 detik.

Animasi Photoshop08

14. Langkah terakhir yaitu menyimpannya dengan klik File >> Save For Web & Devices. Atur Preset (15) dan format filenya (16) menjadi GIF kemudian klik Save (17).

Animasi Photoshop09

Demikianlah langkah-langkah membuat animasi sederhana dengan Photoshop. Hasil animasi ini dapat seperti berikut:

animasi

Semoga bermanfaat…

Panduan 28 Hari Menguasai SEO

Bermula dari sekedar iseng-iseng saja ketika di depan mahasiswa sewaktu kuliah “Pembelajaran Matematika Berbasis Web”, eh.. tahunya kok bisa :-) Latar belakang keisengan ini diawali dari keingintahuan saya bagaimana cara membuat grafik animasi kemudian memindahkannya ke halaman web.

Karena kebetulan Maple adalah salah satu software yang saya kuasai dan di dalamnya tersedia module untuk membuat grafik animasi maka muncul dalam benak saya, bagaimana cara memindahkan grafik animasi yang dihasilkan dari Maple trus… dipindahkan ke halaman web.

Mau tahu caranya? So.. simak artikel ini lebih lanjut.

Contoh pertama yang saya buat adalah membuat grafik animasi yang menggambarkan fungsi f(x) = sin(ax) untuk a yang berubah-ubah mulai dari a = 1 s/d 2. Sedangkan domain fungsi yang saya pilih adalah [-10, 10].

Perintah dalam Maple untuk membuat grafik animasi di atas adalah sebagai berikut:

with(plots):
animate(sin(a*x), x = -10..10, a=1..2, frames=50);

Dalam perintah di atas terdapat parameter frames. Seperti yang kita tahu bahwa suatu gambar animasi pada dasarnya merupakan terdiri atas beberapa gambar diam yang disebut dengan frame. Semakin banyak frame maka grafik animasi yang dihasilkan semakin halus gerakannya (movement).

Nah… setelah grafik dihasilkan, selanjutnya kita lakukan proses exporting. Grafik yang dihasilkan akan kita ekspor ke file animated GIF. Bisa tidak dalam format JPG? Tidak bisa… karena hanya GIF yang bisa mensupport gambar animasi.

Bagaimana cara melakukannya? Caranya adalah dengan mengklik kanan grafik yang dihasilkan untuk memunculkan popup menu. Dalam popup menu pilih ANIMATION > CONTINUOUS bila Anda menginginkan grafik animasi bergerak terus menerus dalam animated GIF yang akan dihasilkan.

Langkah selanjutnya klik kanan kembali pada grafik, lalu pilih EXPORT AS > GRAPHIC INTERCHANGE FORMAT (GIF) pada popup menu. Perhatikan gambar berikut ini:
Photobucket

Nah… selanjutnya simpan dengan nama file yang diinginkan, misalkan diberi nama animasi.gif.

OK file gambar animasi sudah kita dapatkan, next… kita akan menyisipkan file animasi.gif tersebut ke dalam dokumen HTML kita. Bagaimana caranya? ya… kita tinggal gunakan saja tag

Di bawah ini adalah hasil grafik animasi yang saya sisipkan ke dalam artikel ini

Photobucket

Cantik dan mudah bukan cara membuatnya?

Oya… Anda dapat pula membuat grafik animasi 3 dimensi (3D) dengan Maple kemudian mengeksportnya seperti cara di atas lalu disisipkan ke halaman web. Adapun contoh perintah Maple untuk membuat grafik animasi 3D adalah seperti berikut ini:animate3d(cos(t*x)*sin(t*y), x = -Pi..Pi, y=-Pi..Pi, t=1..2);

Catatan: Anda juga bisa menambahkan parameter ‘frames = n’ seperti pada contoh sebelumnya.

Selamat mencoba. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengembangkan media ajar berbasis web yang di dalamnya termuat grafik animasi.

Pengertian Website, Hosting dan Domain

Dalam mencari informasi dari internet, pengguna akan menuju ke sebuah alamat unik internet (misal: www.namawebsite.com) yang disebut nama domain (Domain Name/URL – Uniform Resource Locator) dan menemukan informasi berbentuk teks, gambar diam atau bergerak, animasi bergerak, suara ataupun video dalam sebuah media, yang disebut dengan website atau situs. Website ini dibuka melalui sebuah program penjelajah (Browser) yang berada di sebuah komputer. Program penjelajah yang bisa digunakan dalam komputer diantaranya: IE (Internet Explorer), Mozilla, Firefox, Netscape, Opera .

A. PENGERTIAN WEBSITE ATAU SITUS.
Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.

B. UNSUR-UNSUR DALAM PENYEDIAAN WEBSITE ATAU SITUS.
Untuk menyediakan sebuah website, maka harus tersedia unsur-unsur penunjangnya, adalah sebagai berikut:

1. Nama domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)
Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contoh : http://www.baliorange.net
Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di lepas lagi ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :

- .co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
- .ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
- .go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
- .mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
- .or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain
- .war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
- .sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
- .web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

2. Rumah tempat website (Web hosting)
Web Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar, video, data email, statistik, database dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar web hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website.
Web Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Pengguna akan memperoleh kontrol panel yang terproteksi dengan username dan password untuk administrasi websitenya. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Lama penyewaan web hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri. Lokasi peletakan pusat data (datacenter) web hosting bermacam-macam. Ada yang di Jakarta, Singapore, Inggris, Amerika, dll dengan harga sewa bervariasi.

3. Bahasa Program (Scripts Program).
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus.
Beragam bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas website. Jenis jenis bahasa program yang banyak dipakai para desainer website antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets, XML, Ajax dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan PHP, ASP, JSP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs.
Bahasa program ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri. Bahasa program ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.

4. Desain website.
Setelah melakukan penyewaan domain name dan web hosting serta penguasaan bahasa program (scripts program), unsur website yang penting dan utama adalah desain. Desain website menentukan kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website.
Untuk membuat website biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa website designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas designer. Program-program desain website salah satunya adalah Macromedia Firework, Adobe Photoshop, Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, dll.

5. Program transfer data ke pusat data.
Para web designer mengerjakan website dikomputernya sendiri. Berbagai bahasa program, data informasi teks, gambar, video, dan suara telah menjadi file-file pendukung adanya website. File tersebut bisa dibuka menggunakan program penjelajah (browser) sehingga terlihatlah sebuah website utuh di dalam komputer sendiri (offline). Tetapi file-file tersebut perlu untuk diletakkan dirumah hosting versi online agar terakses ke seluruh dunia. Pengguna akan diberikan akses FTP (File Transfer Protocol) setelah memesan sebuah web hosting untuk memindahkan file-file website ke pusat data web hosting. Untuk dapat menggunakan FTP diperlukan sebuah program FTP, misalnya WS FTP, Smart FTP, Cute FTP, dll. Program FTP ini banyak ditemui di internet dengan status penggunaan gratis maupun harus membayar. Para web designer pun dapat menggunakan fasilitas FTP yang terintegrasi dengan program pembuat website, misal Adobe Dreamweaver.

6. Publikasi website.
Keberadaan website tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.
Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho, kartu nama dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. Cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine-search engine (mesin pencari, spt : Yahoo, Google, MSN, Search Indonesia, dsb).
Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung.

C. PEMELIHARAAN WEBSITE.

Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.

Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan (tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.

D. PERPANJANGAN MASA SEWA DOMAIN NAME DAN WEB HOSTING.

Perlu dipahami bahwa domain name dan web hosting berstatus sewa. Selama kedua hal itu dibayarkan masa sewa perpanjangannya, maka Anda berhak untuk memilikinya dan mempergunakannya. Banyak terjadi kasus kelupaan dalam memperpanjang masa sewanya, atau sulit untuk menghubungi pihak ketiga (web designer) sebagai perantara pendaftaran awal, maka akan berakibat fatal. Anda akan kehilangan domain name sebagai identitas dalam dunia internet. Pastikan Anda mengingat untuk memperpanjang masa sewanya. Arti penting domain name perlu Anda pahami.

Tutorial image ready membuat gambar bergerak (animasi) .gif

Hnah, inilah saat yang ditunggu-tunggu oleh kamu-kamu semua. Kenapa? karena si ndop bener-bener akan membocorin semua kemampuannya dalam belajar otodidak ria, belajar mengakali sesuwatu, belajar ngawur ngalor-ngidul tapi yang penting tetep HASILNYA!

Ayuh, pada siyap-siyap menyimak penjelasan ala ndop yang “coba-coba tapi jadi”. Maklum pemirsa di rumah maupun di setudiyo, si ndop ini memang tidak mengenyam pendidikan dizain, dia hanya belajar secara otodidak dan selalu berhasil!. Maka dari itu, apabila ada penjelasan yang sekiranya sak karepe dewe, ya harap diikuti saja. Wokeee? udaah.. mantuk-mantuk ajaa… :roll:

Pengen bisa bikin beginian: :pukul: atau :oops: khan??

Caranya gampang kok pemirsa, tinggal ceklak-ceklik dowang. Yang susah itu menemukan idenya. Kalo sudah ketemu ide, tinggal ceklak-ceklik, jadi! Baca dari awal sampai akhir ya, soalnya yang fast riding ndak mungkin akan faham, kalopun faham, berarti dia titisan saya.. wekekeke..

  1. gambar bergerak 1Bismillahirrohmaanirrohiim…. Buka edoub fotoshop (adobe photoshop, red.) sampeyan. Saya memakai photoshop 7.

    Siapkan beberapa gambar yang akan digerakkan. Setiyap gambar harus diletakkan di layer yang berbeda. Contohnya seperti gambar di samping yang terdiri dari 4 layer, yaitu

    • muka,
    • melet,
    • tonyo,
    • ciprat.

    Untuk melihat lebih jelas lagi gambarnya, bisa dipentelengi gambar di bawah ini:

    gambar bergerak 2

    walah, nomernya kok ndak urut ndop? ndak usah kakehan nyocrot! manut saja, sampeyan sudah ngerti khan?

    Setelah itu jangan lupa file > save .psd

  2. gambar bergerak 3Buka software imij redi (Image ready, red.) sampeyan. Open gambar .psd tadi. Aktifkan tanda “indicates layer visibility”

    *panganan opo kuwi, ndop?

    gak usah kebanyakan nanya, pokoknya yang kayak gambar mata itu tuh…* pada layer pertama ngaliyas layer muka.

    Setelah sampeyan ceklik, maka pada animation pertamanya akan terlihat seperti di bawah ini. Kalau di imij redi sampeyan ndak muncul animationya, bisa dimunculkan dengan ngeklik windows > animation.

    gambar bergerak 4


  3. Setelah itu, ceklik pada “duplicates current frame” seperti gambar di atas.

    *panganan opo maneh kuwi ndop?*
    pisan ngkas takon, tak uncalne nang Ethiyopia kowe!!

    Dan layer animation baru pun akan muncul. Lalu, pada layer, ceklik gambar mata pada layer tonyo.

    Maka pada animation akan terlihat seperti di bawah ini:


  4. Lalu ceklik pada tween animation frames. Akan muncul kotak daiyelog seperti ini:

    Isi frames to add dengan angka 2. Tekan Oukey!

    Maka pada layer animation akan bertambah seperti di bawah ini:


  5. Lalu, ceklik duplicates current frame lagi pada animation. Kemudian pada layer, pilih melet dan tonyo. Namun kali ini geser layer tonyo ke kiri sampai menyentuh muka melet. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat digambar di bawah ini:
  6. Hnah, betapa kasihannya si ndop dalam tutorial ini, mungkin dia kuwalat sama adiknya di tutorial yang ini. wakakaka…

  7. Lalu klik pada tween animation frames lagi. Muncul kotak daiyyelog, masukkan angka 4 pada frames to add. Cekelik OuKey.


  8. Klik duplicates current frame lagi. Pilih layer pilih melet, tonyo dan ciprat. Namun kali ini, geser sedikit lagi layer tonyo hingga seolah-olah mengenai pipi si ndop dan muncul efek cipratan kuning.

    Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada gambar di bawah ini:



  9. Seperti biyasa, klik tween animation frames lagi. Masukkan angka 2. Klik OK.


  10. Kemudian, untuk melambatkan gerakan, sampeyan bisa nyetting waktunya dengan klik “select frame delay time” sesuwai selera. Dalam tutorial kali ini, saya setting semuanya dengan waktu 0,1 detik. Cara settingnya gampang. Cukup klik tombol animation paling kanan atas, lalu pilih select all frames.

    Lalu klik pada tombol select frame delay time dan pilih 0.1 second.


  11. Iyyap, coba deh sampeyan klik “play”, sampeyan akan kaget karena gambarnya bisa bergerak-gerak.. wekekeke… jangan kaget adik-adikku, itu semua wajar saja kok. Namanya saja kompyuter, ya tentu saja pinter toh, kalau namanya kompyudoh, tentu saja akan bodoh.. hehehe…


  12. Untuk menyimpannya, sampeyan musti mengecek pada windows > optimize. Pastikan yang terpilih adalah gif. Secara default kayaknya gif 64 dithered. Sudah biyarkan default saja. Soalnya saya ndak nanggung kalo sampeyan ubah settingannya, kompyuter sampeyan akan mbledos! hehehe…

    Nah, kalau sudah tersetting seperti itu, kaliyan tinggal pilih file > save optimized as. Secara default akan terpilih .gif.

    Iyyap, gambar bergerak anda sekarang sudah jadi bos!!!!

    Kalau sampeyan kepengen menjadikannya sebagai emoticon belog, sampeyan musti ngerisaiz(resize, red.)-nya dengan klik image > image size. Isikan pikselnya sesuwai selera. Seperti contoh di bawah ini adalah width = 50 piksel (dengan constrain proportions tercentang)

    Woke selamat mencoba!!!